7 Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka Di HP Android “100% WORK”

Posted on
7 Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka Di HP Android “100% WORK”
5 (100%) 1 vote

Cara Mengatasi YouTube Tidak Bisa Dibuka Di HP Android

Youtube tidak bisa dibuka – salah satu media sosial yang banyak di buka sebagai media hiburan adalah youtube. Anda bisa melihat banyak video disini. Dari mulai video klip lagu, acara tv, video lucu serta masih banyak lagi. Bahkan youtube juga tidak hanya bisa di buka melalui website saja. Melainkan juga juga diakses dengan aplikasi android. Dengan begitu akan memudahkan anda dalam menonton video Youtube. Namun bagaimana jika Youtube tidak bisa dibuka?

Namun seperti pada aplikasi lain, ternyata aplikasi youtube juga kadang bisa mengalami eror. Dibawah ini beberapa error yang biasa terjadi pada YouTube:

  • Aplikasi YouTube tak dapat dibuka
  • Aplikasi YouTube tak dapat digunakan memutar video
  • Aplikasi YouTube blank
  • Maupun error lainnya.

Bila aplikasi youtube pada ponsel anda mengalami eror karena masalah diatas, maka bisa lihat solusi dibawah ini. Beberapa caranya bisa anda simak pada ulasan dibawah ini.

1. Hapus Cache Aplikasi YouTube

Langkah pertama untuk mengatasi aplikasi youtube tak dapat dibuka ialah menghapus cache. Seperti anda ketahui pada aplikasi lainnya, Youtube pada android pun menyimpan cache. Sehingga cache akan terus menumpuk ditambah anda penggemar berat youtube. Tentu akan lebih cepat penumpukannya.

Bila hal ini dibiarkan begitu saja, maka aplikasi youtube pun akan mengalami eror sehingga tak dapat dibuka lagi. Jadi, anda harus sering sering menghapus cache. Cara menghapus cache pada aplikasi youtube android bisa dilakukan dengan langkah:

Buka menu Setelan > klik Aplikasi terinstall > pilih YouTube > lalu pilih Hapus cache.

2. Bersihkan RAM

Tak hanya itu saja, aplikasi youtube juga dikenal dengan pengonsumsian kapasitas RAM yang lebih banyak dibandingkan aplikasi lain. Hal itu karena aplikasi youtube bukan hanya harus terkoneksi pada server saja, melainkan juga harus memunculkan konten yang sangat berat, yakni video.

Jadi, jika smartphone anda tak punya cukup kapasitas RAM, kemungkinan suatu saat aplikasi YouTube dapat crash sehingga tak dapat digunakan. Namun anda tak perlu khawatir, karena dibawah ini cara yang paling tepat mengatasi persoalan tersebut.

Caranya ialah membersihkan RAM. Untuk membersihkan RAM, anda bisa menghentikan aplikasi aplikasi yang tak digunakan. Jadi, kapasitas RAM menjadi lebih longgar. Dengan begitu aplikasi youtube akan berjalan lancar.

Baca Juga :   Cara Mengaktifkan Face Unlock OPPO A83 "Paling Simpel"

3. Hapus Data Aplikasi YouTube

Bukan hanya menyimpan cache, aplikasi youtube juga menyimpan data data seperti konfigurasi, informasi akun, maupun thumbnail video. Lama kelamaan data yang tersimpan aplikasi YouTube juga semakin menumpuk. Bila dibiarkan saja akan membuat aplikasi youtube crash serta tak dapat digunakan.

Jadi, anda pun harus menghapus data tersebut. Menghapus data tak berarti menghapus aplikasinya, Cuma pengaturannya saja yang akan hilang. Aplikasi datanya masih dapat anda gunakan. Untuk dapat menghapus data dari aplikasi YouTube, anda bisa ikuti langkahnya dibawah ini:

  • Bukalah menu Setelan > klik Aplikasi terinstall > pilih YouTube > dan klik Hapus data.
  • Kemudian anda bisa membuka aplikasi YouTube. Kemungkinan anda perlu melakukan login lagi pakai akun Google.

4. Install Ulang Aplikasi YouTube

Penyebab aplikasi tak dapat berjalan lancar ialah adanya kesalahan ketika proses pemasangannya. Bila aplikasi youtube tak dapat dibuka disebabkan masalah tersebut, maka solusinya ialah menginstall ulang YouTube.

Cara melakukannya dengan menghapus terlebih dulu aplikasi YouTube lalu install lagi melalui Google Play store maupun dengan file APK.

5. Update Aplikasi YouTube

Pihak Google juga rutin mengupdate aplikasi youtube dengan berbagi video terpopuler saat ini. Bila anda tak pernah update aplikasinya, kemungkinan aplikasi youtube tak dapat digunakan lagi.

Masalah ini bukannya disebabkan karena eror. Namun disebabkan oleh versi youtube yang digunakan sudah kadaluarsa. Jadi, bila sewaktu waktu ada pembaruan, anda harus melakukan update secepatnya. Sehingga anda bisa tetap menggunakan aplikasi YouTube untuk menikmati fitur-fitur baru didalamnya.

6. Hentikan Paksa Aplikasi YouTube

Metode lainnya ialah dengan menghentikan aplikasi youtube dengan paksa. Cara melakukannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu download aplikasi pihak ketiga.

Cara menghentikan paksa aplikasi YouTube ialah: membuka menu Setelan > pilih Aplikasi terinstall > klik YouTube > tekan opsi Hentikan aplikasi. Jika sudah dilakukan, baru anda buka lagi YouTube seperti biasanya.

7. Gunakan Browser

Setelah semua cara diatas dilakukan dan hasilnya tetap nihil, maka cara terakhir ini bisa anda lakukan. Untuk itu, anda hanya perlu membuka aplikasi YouTube melalui browser. Sekarang ini memang browser (Chrome, Firefox & Dolphin) memang sangat bagus ketika digunakan untuk membuka YouTube. Apalagi dengan pilihan ini anda akan lebih hemat terhadap penyimpanan internal ponsel android. Karena anda tak perlu melakukan install aplikasi YouTube.

Itulah ke 7 solusi ketika aplikasi Youtube tidak bisa dibuka. Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung pada smartphone android tipe apa saja. Semoga bermanfaat.