Apa Itu TWRP dan apa Saja Fitur Didalamnya?

Posted on
Apa Itu TWRP dan apa Saja Fitur Didalamnya?
5 (100%) 1 vote

Apa Itu TWRP dan apa Saja Fitur Didalamnya?

Apa itu twrp – TWRP termasuk custom recovery sebagai alternatif bagi pengguna ponsel Android yang ingin mengoprek perangkatnya. Anda memiliki kebebasan mengelola ponsel secara penuh namun tetap di bawah lisensi Apache. Sehingga anda bisa mengoprek perangkat menjadi lebih maksimal dan punya tampilan menarik. Salah satunya ialah dengan memasang TWRP. Lalu apa itu TWRP? Simak ulasannya dibawah ini.

Xiaomi sebagai perusahaan yang berawal dari pengembangan ROM ini pun turut memberi keleluasaan untuk mengelola sistem Android di seluruh perangkatnya. Pastinya sesudah melakukan unlock bootloader, melakukan rooting, maupun lainnya.

Ada yang menarik dari perangkat Xiaomi. Bila pada manufaktur lainnya telah didominasi pemakaian custom recovery CWM atau ClockworkMod, nah pada perangkat Xiaomi telah dominasi bisa diambil alih oleh custom recovery TWRP.

Apa Itu Recovery Mode?

Recovery pada sistem Android telah mengacu pada partisi bootable secara khusus yang sudah terinstall konsol pemulihan. Pada mode tersebut telah menawarkan banyak fitur yang bisa membantu penggunanya dalam memperbaiki instalasi sistem bersamaan menginstal pembaruan resmi dari Sistem Operasi.

Pada umumnya, seluruh perangkat android memiliki recovery bawaannya atau disebut sebagai stock recovery. Tapi sayangnya fungsi fitur bawaan tersebut sangat terbatas, yakni menghapus data pengguna sekaligua memberi update sistem dengan manual menggunakan paket pembaruan terverifikasi.

Cara masuk pada mode ini memang tidak sama antara perangkat satu dengan lainnya. Khusus bagi ponsel buatan Xiaomi cara yang dilakukan juga berbeda yakni memakai kombinasi tombol power bersamaan tombol volume up. Selain itu, ada pula yang memakai kombinasi tombol power bersamaan dengan tombol volume down.

Apa Itu TWRP?

Istilah TWRP ialah kependekan dari kalimat Team Win Recovery Project. TWRP juga merupakan alternatif dari custom recovery bagi para pengguna android yang berada pada lisensi terbuka.

Beda dengan istilah stock recovery, pada custom recovery telah dikembangkan pihak ketiga dan punya kemampuan lebih lengkap. Bukan hanya bisa menghapus data serta perbaruhi system saja. Melainkan juga umumnya diprogram supaya punya pencadangan maupun pemulihan system, pilihan untuk menghapus data agar tidak menghapus semua data yang ada, bahkan menginstall aplikasi pembaruan sistem dari pihak ketiga.

Sehingga, secara khusus, dari custom recovery TWRP sendiri telah menawarkan dukungan berupa penggunaan layar sentuh untuk pengoprasiannya. Dimana pada stock recovery kebanyakan custom recovery lainnya masih mengandalkan tombol fisik untuk pengoprasiannya.

Pada perangkat Xiaomi, anda bisa memasang recovery TWRP bila perangkat yang dipakai dengan kondisi unlock bootloader. Namun sesudah terpasang, anda pun bisa masuk pada mode tersebut menggunakan cara yang serupa jika ingin masuk pada stock recovery.

Fitur TWRP

Pada halaman utama TWRP telah menampung seluruh fitur dari TWRP itu sendiri. Ada sekurangnya 8 menu di halaman utama TWRP seperti tombol Install, tombol Wipe, tombol Backup, tombol Restore, tombol Mount, tombol Settings, tombol Advance, serta Reboot. Fungsi kedelapan fitur yang terdapat pada halaman utama TWRP tersebut adalah:

1. Tombol Install

Fungsi tombol install ini ialah melakukan pemasangan ataupun instalasi untuk ROM, GAPPS sekaligus juga untuk melakukan pemasangan kernel di smartphone android anda. Jadi, bila anda mau memasang custom rom di smartphone android, maka bisa memakai menu ataupun tombol Install ini. Lalu anda bisa pilih file ROM serta Gapps yang ingin di pasang. Lanjut dengan geser tombol Swipe pada arah kanan guna memulai proses Installasi ataupun pemasangan.

Baca Juga :   Realme 2 Pro vs Vivo V11 Pro. Mana HP Snapdragon 660 Pilihan Terbaik?

2. Tombol Wipe

Fungsi tombol wipe ini ialah membersihkan partisi di perangkat anda. Fungsinya sama dengan melakukan format. Oleh karena itu, sebelum melakukan pemasangan ROM serta GAPPS, anda harus melakukan wipe partisi pada ponsel anda untuk membersihkan data data yang terpasang dipartisi smartphone anda.

Perhatian: jika anda melakukan Wipe partisi ini, maka akan menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Termasuk juga ROM yang sudah terpasang. Untuk itu, hati hatilah ketika melakukan wipe.
Tips: anda bisa melakukan klik dibagian tombol Advance Wipe guna melihat daftar partisi yang telah anda lakukan di wipe.

3. Backup

Berikutnya adalah menu backup yang berguna melakukan pencadangan file ataupun bagian-bagian dari ROM maupun sistem operasi android anda. Saat anda tekan tombol backup, anda akan melihat sejumlah pilihan partisi yang ingin di backup. Berilah tanda ceklis untuk pilihan pencadangan yang ingin anda lakukan.

4. Restore

Berikutnya adalah menu restore yang ada pada TWRP berfungsi mengembalikan file yang sudah di backup menggunakan menu Backup ini. Menggunakan menu restore tersebut anda pun bisa mengembalikan ROM yang di Backup, jadi anda tak perlu lagi melakukan instalasi ROM serta GAPPS satu persatu.

5. Mount

Menu mount di TWRP berfungsi memuat penyimpanan dalam sistem android. Bila anda pilih tombol Mount yang ada di halaman utama TWRP, maka tampak pilihan melakukan Mount microSD maupun pilihan USB OTG. Anda juga bisa memuat USB Flashdisk dari fitur mount dengan memilih USB OTG guna pemasangan pada ROM android yang berasal dari Flashdisk.

6. Settings

Pengaturan merupakan menu yang berfungsi membuka pengaturan TWRP. Anda bisa mengatur tanggal, Screen timeout, bahasa, kecerahan layar atau pengaturan lainnya pada perangkat android.

7. Advance

Selanjutnya adalah pilihan Man Advance dengan sub menu dibawah ini:

Copy Log berguna menyalin log ataupun history setelah anda melakukan aktivitas dengan perangkat. Misalnya anda baru saja menginstall rom, kernel atau lainnya. Log juga bisa disamakan dengan laporan aktifitas yang telah dilakukan dengan recovery TWRP.

  • Partition SD Card berfungsi untuk membuat partisi ataupun membagi ruang kartuSD anda.
  • File Manager – merupakan fitur yang berguna dalam melakukan manajemen file pada perangkat android baik penyimpanan external atau internal.
  • Terminal – termasuk fitur yang berguna dalam memasukan perintah manual sama halnya terminal dalam sistem operasi Linux dikomputer.
  • Reload tema – memiliki fungsi untuk memuat kembali tema dari TWRP.
  • ADB Sideload – berfungsi dalam melakukan flashing atau update sistem operasi perangkat android dari PC ataupun laptop oleh perintah ADBsideload di command prompt (cmd).

8. Reboot

Fungsi menu reboot ialah untuk melakukan restart ataupun memuat ulang perangkat android anda.
Pada TWRP ada 4 pilihan menu reboot:

  • Melakukan reboot system yang berguna dalam melakukan restart smartphone menjadi seperti semula ataupun normal.
  • Power for berguna untuk mematikan ponsel android.
  • Reboot recovery berguna untuk melakukan restart kedalam mode recovery.
  • Melakukan Reboot bootloader berguna dalam melakukan restart kedalam droidboot ataupun SCS mode.

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu TWRP. semoga bermanfaat.

Baca juga: