2 Cara Bersihkan Cache di Laptop dan PC Windows “Otomatis”

Posted on
2 Cara Bersihkan Cache di Laptop dan PC Windows “Otomatis”
5 (100%) 1 vote

Cara menghapus cache di laptop – cache merupakan aplikasi penyimpan data sementara yang harus dibersihkan. Dengan cache yang bersih, maka kinerjanya bisa lebih cepat lagi. Namun akibatnya adalah sebagian dari memorinya harus terpotong guna penyimpanan data-data sampah tersebut. Karena itulah anda perlu tahu bagaimana cara menghapus cache di laptop.

Cara Bersihkan Cache di Laptop dan PC Windows

Mempunyai kapasitas memori yang terbatas memang menjadi masalah bagi setiap pengguna terutama ketika ingin mengunduh sebuah aplikasi ataupun menyimpan data data penting yang berukuran besar. Nah, solusinya ialah membersihkan data cache.

Sebenarnya cache merupakan data sementara yang bisa diakses lagi oleh aplikasi ketika menjalankan proses yang serupa. Hal ini tentu bisa berguna untuk sebagian orang ketika menjalankan sebuah aplikasi. Salah satu contohnya ialah ketika anda mengunjungi laman sebuah situs pertama kali, maka browser bakal menyimpan data-data laman yang anda kunjungi tersebut. Sehingga jika anda mengunjunginya lagi browser akan lebih memilih menampilkan data yang sudah tersimpan sebelumnya dibandingkan harus mengunduh ulang data-data tersebut.

Tapi, hal ini bisa membuat beberapa persen kapasitas memori internal terisi oleh data-data sampah itu. Nah, bagi anda yang hanya memiliki memori terbatas saja, hal tersebut bisa menjadikan memori ponsel penuh, sehingga merelakan untuk menghapusnya.

Secara default, pada sistem operasi Windows 10 punya pengaturan yang bisa digunakan dalam penghapusan data-data sementara atau cache tersebut. Langkah dan caranya bisa anda lakukan dengan tanpa aplikasi tambahan seperti dibawah ini:

1. Menghapus Cache Tanpa Aplikasi Tambahan

  • Bukalah Setting (caranya dengan tekan tombol Windows dan pilih ikon gigi atau ikon yang biasa untuk ikon pengaturan, maupun dengan cara tekan tombol Windows secara bersamaan dengan tekan tombol I pada keyboard).
  • Setelah itu, pilih menu System, lalu pilih menu Storage, serta pilih saja partisi This PC (C)
  • Cari serta klik di perintah Temporary Files. Ceklis Temporary Files guna menghapus cache, tapi jika mau mengosongkan folder Download, Anda bisa mencentang Download Folder. Namun bila mau mengosongkan Recycle Bin, centang perontah Empty Recycle Bin. 4. Berikutnya klik Remove Files.
Baca Juga :   [100% Work] Cara Merubah Background atau Wallpaper Chat Whatsapp di HP Android

2. Cara Menghapus Cache di Laptop Windows 10 Secara Otomatis

Selain cara diatas, anda juga bisa melakukan cara dibawah ini sebagai cara manualnya. Windows 10 ternyata juga mempunyai pengaturan yang bertujuan menghapus data sampah atau cache secara otomatis. Nah, fitur ini disebut sebagai Storage Sense. Cara mengaktifkannya ialah dibagian Storage layaknya ketika Anda mau menghapusnya. Berikut ini cara menggunakannya:

  • Langkah pertama buka menu Storage pada Setting
  • Setelah itu, pilih perintah Storage sense, serta geser slider pada mode on.
  • Berikutnya klik notifikasi Change how we_free_up_space
  • Lalu pilih data temporary yang mau dihapus secara otomatis. Lalu ceklis apa saja yang akan anda pilih.

Kedua cara diatas merupakan cara menghapus cache di laptop tanpa membutuhkan aplikasi tambahan pada Windows 10. Tetapi jika Anda masih bingung mengikuti langkah diatas, sebagai solusi, anda bisa menginstal CCleaner dari Piriform sebagai cara menghapus cache pada komputer ataupun laptop Windows 10 yang Anda punya. Semoga bermanfaat.