Cara Mengatasi Baterai Tanam Yang Drop Dengan Mudah

Posted on
Rate this post

Cara Mengatasi Baterai Tanam Yang Drop Dengan Mudah

www.teknisihp.co.id – Baterai merupakan nyawa sebuah handphone. Di setiap smartphones memiliki jenis baterai yang berbeda-beda, ada yang removable dan non removable. Mungkin diantara anda ada yang belum tahu kedua istilah tersebut,? jadi secara gampangnya baterai tanam dan baterai biasa.

Hal yang identik untuk membedakan kedua istilah tersebut yakni removable(bisa dicopot) sedangkan non removable (tidak bisa dicopot). Entah kenapa seiring perkembangan zaman kini banyak gadget dan ponsel dimana para vendor menerapkan baterai non removable.

Mungkin pastinya semua itu untuk beberapa faktor penting lainnya kenapa harus menggunakan baterai tanam. Namun yang menjadi masalahnya ketika baterai tanam mengalami ngedrop ataupun boros akan susah sekali melepasnya.

Berbeda jika baterai biasa yang bisa dicopot ngedrop, tinggal ganti saja, sedangkan untuk baterai tanam susah sekali untuk menggantinya. Maka dari itu banyak yang langsung membeli hp baru dikarenakan baterai hp yang lama dikarenakan ngedrop serta susah sekali untuk diganti.

Padahal terdapat cara untuk mengatasi baterai tanam ngedrop. Bagaimana, ingin tahu tidak kira-kira gimana cara mengatasi baterai tanam yang boros ataupun ngedrop?. Silahkan simak di bawah ini. Eits kurang afdhol apabila kita tidak mengetahui mengenai penyebab baterai ngedrop ataupun boros.

Cara Mengatasi Baterai Tanam Yang Drop

A. Penyebab Baterai Ngedrop Pada Semua Jenis Baterai Removable Maupun Non Removable

1. Baterai Sudah Berumur

Hampir semua barang elektronik jika sudah berumur, maka akan mudah rusak. Ibaratnya lampur, pasti ada saja masa matinya dan minta ganti yang baru apabila sering dipakai. Begitu juga dengan baterai hp tanam, apabila usia sudah lama dan penggunaannya pun sering, maka tak heran apabila mudah rusak dan minta yang baru. Jadi itu adalah hal yang wajar apabila boros ataupun ngedrop. Paling tidak usia baterai jika mudah rusak kurang lebih 4-5 tahun an.

2. Charger Rusak

Apabila charger bermasalah, eits jangan sampai main-main dengan masalah tersebut. Sejatinya charger dengan baterai itu saling keterkaitan ataupun berkaitan. Jika tadinya baterai anda sehat sehat saja sedangkan dipakein charger yang rusak, maka ada kemungkinan baterai ikut rusak juga. Hal tersebut dikarenakan arus yang masuk tidak stabil, kadang kecil dan kadang besar bahkan bisa terlalu besar amperenya.

3. HP Sering Panas

Penyebab baterai tanam ngedrop dan boros berikutnya dikarenakan HP ataupun ponsel anda sering mengalami panas. Tak bisa dipungkiri lagi ketika kita bermain game, maka suhu hp pasti meningkat. Maka dari itu boleh sih, suhu meningkat dan menjadi panas akan tetapi jangan terlalu sering. Kalau bisa ketika bermain game di ruangan AC agar suhunya tidak terlalu panas.

4. Terlalu Banyak Aplikasi

Aplikasi yang terlalu banyak pada sebuah ponsel dapat mengakibatkan ponsel akan bekerja lebih keras. Apalagi jika sampai terlalu panas maka sangat bahaya. Pada umumnya itu semua menyesuaikan dengan RAM anda, apabila RAM anda kecil akan tetapi aplikasi terlalu banyak maka tidak ada nafas untuk RAM, sehingga hp pun menjadi cepat panas.

Baca Juga :   Cara Termudah Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Jadi itulah beberapa penyebabnya, kira-kira apakah anda sudah pernah mengalami penyebabnya? pasti ada yang sudah mengalaminya bukan?. Setelah membahas beberapa penyebabnya, maka langsung saja membahas mengenai cara mengatasi baterai tanam drop.

B. Cara Mengatasi Baterai Tanam Yang Drop Dengan Mudah

1. Gunakan Charger Yang Bagus & Original

Apabila charger sudah rusak?, jangan dipaksa dipakai karena berbahaya sekali. Maka dari itu untuk mengatasi baterai tanam yang drop silahkan gunakan charger yang bagus dan original. Dikarenakan charger yang original ataupun sesuai bawaan sudah diatur arus yang masuk berapa dan tingkat kestabilan juga lebih bagus lagi. Sehingga membuat baterai anda tetap awet dan tahan lama.

2. Gunakan HP Sewajarnya

Apabila suhu ponsel cepat panas, maka terdapat indikasi bahwa anda sering mengoperasikan hp setiap saat. Entah itu untuk main sosial media seperti youtube, instagram, dan facebook. Dan yang paling berat adalah bermain game. Maka dari itu jika sudah mengetahui baterai tanam sudah drop, gunakan sewajarnya saja.

3. Jangan Gunakan Ponsel Ketika Baterai DiCas

Salah satu penyebab yang kuat baterai tanam ngedrop yakn dikarenakan seringnya menggunakan ponsel ketika kondisi sedang dicas. Padahal itu adalah tindakan yang kurang baik ketika penggunaan smartphone. Ibaratnya saja kita sedang makan sambil berlari, pasti ya akan gak enak. Maka dari itu sama hal dengan baterai digunakan ketika sedang dicas.

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Terlalu Penting

Nah, seperti kita ketahui bahwa salah satu penyebab kenapa baterai tanam anda ngedrop dan boros?, yakni dikarenakan banyaknya aplikasi yang tidak penting. Maka dari itu untuk memperbaiki masalah baterai boros pada hp kalian silahkan hapus aplikasi yang tidak penting.

Dimana ketika sudah menghapus aplikasi yang tidak penting dapat membuat baterai anda merasa terkurangi bebannya. Tak hanya itu saja, menghapus aplikasi yang tidak penting ataupun jarang digunakan dapat membuat memori internal juga lebih longgar.

5. Charge Baterai Ketika Sudah Benar Benar Habis

Banyak sekali orang yang mencolokan charger ke hp ketika baterai belum habis 100% atau kurang dari 20%. Jadi mungkin baru 50% ataupun 80% sudah tancapkan ke charger lagi. Padahal itu merupakan tindakan kurang baik pada ponsel.

Maka dari itu alangkah baiknnya silahkan charger baterai hp ataupun hp ketika kondisi baterai kurang dari 20%. Dimana hp akan memberikan sebuah notifikasi disuruh untuk charger. Hal tersebut ternyata juga dapat bermanfaat untuk menjaga usia baterai dan menjaga dari hal yang berbau drop ataupun boros.

6. Jangan Nyalakan Data Seluler Ketika Sinyal Jelek

Cara terakhir untuk mengatasi baterai tanam yang drop yakni silahkan jangan nyalakan data seluler ketika sinyal jelek ataupun lemah. Hal tersebut untuk menghindarkan dari hp yang bekerja keras ingin mencari sinyal, ataupun anda memaksa mencari sinyal untuk mengakses sesuatu seperti medsos ataupun game.

Jadi begini, apabila sinyal lemah, dan kita paksa mencari sinyal, itu akan meningkatkan suhu baterai dan kinerja hp. Maka demikian anda harus nyalakan data seluler ketika kondisi tempat jaringannya sudah oke.

Baca juga tentang:

Jadi itulah mengenai cara mengatasi baterai tanam yang drop. Apabila sudah mengetahui hal ini maka anda tidak perlu khawatir lagi baterai anda ngedrop ataupun boros. Namun jika kondisi sudah tidak memungkinkan, misalnya saja padahal baru dicas kok udah mati aja, maka anda wajib mengganti baterai tersebut. Alangkah baiknnya datang ke konter saja ataupun ke tempat service hp saja yang lebih berpengalaman.

Serta jika disuruh mengganti baterai hp, mintalah baterai yang original karena original itu yang bagus dan tidak gampang rusak. Walaupuna agak mahalan dikit, akan tetapi tidak apa-apa karena itu bagus untuk hp anda. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.